23 September 2015

KONTES DAN PAMERAN IKAN CUPANG HIAS

KONTES DAN PAMERAN IKAN CUPANG HIAS

Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak telah menggelar acara Kontes dan Pameran Ikan Hias Kota Pontianak pada hari Sabtu s/d Minggu tanggal 12-13 September tahun 2015, bertempat di Aula Kantor Camat Pontianak Barat jalan Tabrani Ahmad. Kegiatan ini bertujuan sebagai media komunikasi dan konsultasi antara pelaku utama/pelaku usaha ikan hias dengan Pemerintah dan Mitra Usaha dalam pengembangan usaha agribisnis di Kota Pontianak, mengembangkan kapasitas pelaku utama/pelaku usaha ikan hias, meningkatkan kemampuan mengembangkan usaha agribisnis ikan hias yang kuat dan mandiri dan memperkenalkan/mempromosikan potensi agribisnis ikan hias di Kota Pontianak.

Peserta Kontes dan Pameran Ikan Hias terdiri dari pembudidaya ikan hias, pengusaha ikan hias dan kolektor ikan hias sebanyak 240 ekor ikan cupang hias. Kegiatan ini juga diramaikan dengan pameran Aquascape oleh Pontianak Aquascape Community (PAC) sebagai pengenalan untuk masyarakat Kota Pontianak. Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, seperti karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium.

Pendaftaran gratis dan dibuka untuk umum, satu peserta hanya boleh mendaftarkan maksimal 6 ekor ikan. Kelas kontes cupang hias ini dibagi menjadi 6 kategori yaitu, plakat, halfmoon, crown tail, giant, double tail dan big ear. Pemenang juara I, juara II, juara III, juara harapan I, juara harapan II dan juara harapan III mendapatkan uang pembinaan, tropi serta dan piagam penghargaan.

Pelaksanaan Kegiatan Kontes dan Pameran Ikan Hias di Kota Pontianak tahun 2015 dibebankan pada APBD Kota Pontianak Tahun 2015 Unit Kerja Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak. (f)

Op. Bid Perikanan