04 September 2015

PANEN RAYA PADI UNGGUL PADA MUSIM GADU DI KOTA PONTIANAK TAHUN 2015

PANEN RAYA PADI UNGGUL PADA MUSIM GADU DI KOTA PONTIANAK TAHUN 2015

Dalam upaya pencapaian program nasional swasembada pangan, Pemerintah Kota Pontianak dalam hal ini Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak telah melaksanakan upaya penanaman padi pada musim tanam gadu yang dilaksanakan di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Pontianak Timur seluas 3 ha, Kecamatan Pontianak Utara seluas 2 ha dan Kecamatan Pontianak Barat seluas 10 ha.

Pada hari rabu tanggal 27 agustus 2015 Kelompok Tani Gunung Peramas telah melaksanakan panen raya padi unggul (impago) dengan hasil yang cukup memuaskan bagi para petani, dimana para petani yang tegabung dalam Kelompok Tani Gunung Peramas baru pertama kali menanam padi pada musim gadu dengan menggunakan bibit unggul impago.

Lokasi panen tersebut terletak di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat yang merupakan lahan sawah tadah hujan. Pada acara panen tersebut di hadiri oleh Kadis Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak, Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Pontianak, Camat Pontianak Barat, Danramil Pontianak Barat, Penyuluh Pertanian Kota Pontianak, Mantri Tani Kota Pontianak, Pengawas Mutu Hasil Pertanian Kota Pontianak, beserta kelompok tani.

Produksi yang dihasilkan berdasarkan hasil ubinan dari panen padi gaduh tersebut adalah sebesar 2,5 ton/ha gabah kering panen.

(Bidang Pertanian dan Kehutanan)

Op. Bid Pertanian