08 Maret 2023

Cermat sebelum membeli Pangan Segar Asal Tumbuhan

Cermat sebelum membeli Pangan Segar Asal Tumbuhan

oleh : Nunung Hairunnisya, STP

Pengawas Mutu Hasil Pertanian

Seberapa aman pangan segar asal tumbuhan yang kita konsumsi tentunya tidak dapat dihitung secara tepat, namun beberapa tips dapat membantu konsumen dalam memilih pangan segar asal tumbuhan yang aman untuk dikonsumsi. Pangan Segar Asal Tumbuhan atau disingkat dengan PSAT adalah pangan asal tumbuhan yang dapat dikonsumsi langsung dan/atau yang dapat menjadi bahan baku pangan olahan yang mengalami pengolahan minimal meliputi pencucian, pengupasan, pendinginan, pembekuan, pemotongan, pengeringan, penggaraman, pencampuran, penggilingan, pencelupan (blanching), dan/atau proses lain tanpa penambahan bahan tambahan pangan kecuali pelapisan dengan bahan penolong lain yang diijinkan untuk memperpanjang masa simpan. 

PSAT yang umum beredar seperti beras, jagung pipil kering, jail-jali, kacang tanah, kacang hijau, sayuran dan buah-buahan. Peredaran produk PSAT melalui dua cara yaitu dijual secara eceran tanpa kemasan dan dijual menggunakan kemasan akhir. PSAT yang dijual menggunakan kemasan akhir dengan masa simpan lebih dari 7 hari diwajibkan memiliki izin edar.

Secara umum PSAT di produksi melalui berbagai macam metode budidaya hingga penanganan pasca panen yang tentunya memiliki potensi terhadap berbagai bentuk cemaran seperti cemaran fisik (batu, rambut, staples dsb), kimiawi (residu pestisida dan logam berat,) dan biologis (serangga, bakteri, jamur dan virus). Kehadiran cemaran pada produk PSAT dapat berasal dari rantai produksi mulai dari metode budidaya, panen, penanganan pasca panen, transportasi hingga ritel. Berikut beberapa tips untuk memilih PSAT yang aman konsumsi :

  1. Untuk produk sayuran dan buah, terdapat beberapa cara untuk mengurangi cemaran residu pestisida yang ada pada sayuran dan buah yaitu : pencucian dengan air mengalir, pengupasan kulit, dan kombinasi perendaman dengan larutan cuka atau larutan garam yang diikuti dengan pencucian dengan air mengalir.
  2. Memilih produk PSAT yang telah memiliki jaminan mutu seperti organik dan prima.
  3. Memilih produk PSAT yang telah memiliki izin edar atau Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan PL/PD/PDUK.

 

Referensi :

Op. Bid Pangan