28 Juni 2019

Hama Tikus dan Teknik Pengendaliannya di Desa Nipah Kuning Kecamatan Pontianak Barat

Hama Tikus dan Teknik Pengendaliannya di Desa Nipah Kuning Kecamatan Pontianak Barat

Oleh : Fitri Ikayanti, SP

Hama Tikus

Rattus argentiventer (Rob & Kloss)

            Tikus merupakan salah satu hama penyebab kerusakan yang menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi petani karena tikus dapat menyerang seluruh fase pertumbuhan tanaman padi bahkan pada fase penyimpanan. Kerusakan terparah terjadi pada fase generatif, karena tanaman padi sudah tidak mampu lagi membentuk anakan baru. Pada umumnya tikus menyerang pada malam hari sedangkan pada siang hari tikus bersembunyi, pada periode bera, sebagian besar tikus bermigrasi dan kembali lagi menjelang fase generatif.

Pada pertanaman padi di wilayah Kecamatan Pontianak Barat tepatnya di desa Tri Dharma keberadaan tikus sangat banyak sehingga menimbulkan banyak kerugian bagi petani. Pengendalian terhadap hama tikus telah dilakukan petani sejak dini yaitu sejak sebelum pertanaman sampai panen dan penyimpanan. Beberapa teknik pengendalian hama tikus yang telah dilakukan petani yaitu dengan cara menggunakan bentangan pagar plastik. Cara pengendalian ini hanya berfungsi untuk mencegah masuknya tikus ke lahan pertanian namun cara ini tidak efektif untuk menangkap tikus atau memusnahkannya karena belum dilengkapi dengan bubu perangkap, selain itu cara manual juga dilakukan dengan gropyokan massal atau berburu tikus secara bersama-sama. Penggunaan pestisida hanya dilakukan apabila serangan tikus sudah sampai pada tahap sangat mengkhawatirkan.

Teknik pengendalian hama tikus melalui pendekatan PHTT (Pengendalian Hama Tikus Terpadu) melalui cara :

Teknik Pengendalian Hama Tikus Terpadu dapat diterapkan untuk mengurangi atau membasmi hama tikus di desa Tri Dharma Kecamatan Pontianak Barat. Pengendalian harus berdasarkan pada biologi dan ekologi tikus sehingga tepat sasaran. Penanganan terhadap hama tikus harus dilakukan secara intensif dari awal pertanaman sampai pada fase penyimpanan mengingat besarnya kerugian yang ditimbulkan akibat keberadaan hama ini.

 

Referensi :

BPTP Kalimantan Barat, 2012. Masalah lapang, Hama, Penyakit, Hara pada Padi

https://www.pioneer.com/web/site/indonesia/Cara-Terbaik-Mengatasi-Hama-Tikus-Pada-Tanaman-Padi

https://www.google.com/search?tbm=isch&sa=1&ei=ResaXemZOPmO9PwP6YKmkAU&q=image+tikus+&oq=image+tikus+&gs_l=img.12..35i39.43783.43783..45934...0.0..0.287.287.2-1......0....1..gws-wiz-img.l413RwBuiW0#imgrc=oiUHQqeKbzRs2M:

 

Op. Bid Pertanian